You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Seko Jakbar Minta Peningkatan Koordinasi Pengadaan Tanah
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Pembelian Lahan Harus Koordinasi dengan KPAD

Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Jakarta Barat yang memiliki anggaran pengadaan tanah diminta lebih meningkatkan koordinasi dengan Kantor Pengelolaan Aset Daerah (KPAD) Jakarta Barat.

Koordinasi ini sangat penting guna memastikan bahwa lahan yang hendak dibebaskan dan diberikan ganti untung bukan fasos maupun fasum

Koordinasi terkait pembebasan lahan dilakukan agar tidak terjadi lagi persoalan seperti pembebasan lahan di Cengkareng Barat.

"Koordinasi ini sangat penting guna memastikan bahwa lahan yang hendak dibebaskan dan diberikan ganti untung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) bukan fasos maupun fasum," ujar Asril Marzuki, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Barat saat rapat pimpinan di ruang Pola kantor wali kota, Rabu (20/7).

Pembelian Lahan Cengkareng Sesuai Prosedur

Dikatakan Asril, bila mengacu pada peraturan yang berlaku terkait pengadaan tanah di bawah luas lima hektare bisa dilakukan sendiri.

"Aturan itu tidak sesederhana itu diartikan. Koordinasi dengan instansi terkait. Bila perlu, lurah, camat maupun SKPD yang memiliki kegiatan pengadaan tanah berkirim surat terlebih dahulu ke KPAD Provinsi maupun tingkat kota untuk memastikan kebenaran kepemilikan lahan," katanya.

Bila perlu, sambung Asril, lurah, camat dan pimpinan SKPD bisa meminta bantuan pengadilan guna mendapat kepastian hukum terkait keabsahan sertifikat lahan yang hendak dibebaskan.

Ditambahkan Asril, prinsip kehati-hatian dalam urusan pengadaan tanah wajib dilakukan oleh seluruh pimpinan SKPD, lurah dan camat se-Jakarta Barat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1155 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1094 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito